Sabtu, 07 Januari 2017

Lingkungan Keterbatasan

Salah satu sifat manusia yang masih melekat pada diri seorang NSH adalah banyak tanya dan ingin tahu atas apa yang terjadi pada lingkungan sekitarnya, atas terbatasnya waktu, ruang, dan fasilitas, aku berusaha mengatur dgn sungguh sifatku yang 1 ini. Sifat lainnya adalah selalu ingin mencoba pengalaman-pengalaman baru sebagai pelampiasan atas rasa "boring" yang dirasakan ketika melakukan suatu pekerjaan. Intinya sebisa mungkin aku ingin menghilangkan rasa boringku dengan belajar hal lain yang menambah wawasan juga menyenangkan. Aku tahu ilmu agama wajib dipelajari maka ketika aku tahu, aku harus lakukan. Terus menerus belajar -tidak bisa dipungkiri- bahwa rasa bosan akan hinggap. Oleh karena itulah di waktu kosong aku lakukan apa yang bisa aku lakukan, menulis sesuatu misalnya. Walau dalam keterbatasan diksi, ilmu dan sumber utk menulis, sekarang ini menulis cukup menghilangkan rasa boringku. Bukan dengan bermain, karena aku bukan orang yang energic dalam bermain layaknya orang orang Turki. Tapi bagaimanapun juga bermain adalah hobby mereka. Jika diminta utk gabung ya harus gabung :D . (sekedar tahu dan kenal walau ga hebat dalam bermain)
Selain dengan menulis, untuk dapat wawasan yang lebih luas lagi adalah dengan diskusi. Dengan diskusi, kita bisa bertukar pikiran dan informasi. sebaliknya, obrolan sederhana hanya dilakukan seperlunya saja. Jika lawan bicara kurang menerima diskusi, jalan pintas yang aku lakukan adalah dengan mengalihkan obrolan pada obrolan yang sederhana.

Ya Rabbi , dalam keterbatasanku ini bertahan, karena aku tahu Kau akan meluaskan nikmatMu dan melapangkannya di hari nanti, hari serba sempit dan terhimpit dosa dosa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar