Selasa, 12 Mei 2020

Persamaan Manusia Dengan Tanah : The Similarities Between Man and Land


The Prophet () said, "The example of guidance and knowledge which Allah has sent me is like abundant rain falling on the earth. Among them was fertile soil that absorbed rainwater and brought herbage and grass in abundance. Among them is a barren land which retains the water and Allah benefits people from it; they drink from it and graze their animals.
And it falls upon a barren land , which could neither hold the water nor bring forth vegetation (then that land gave no benefits). 
The first is the example of the person who comprehends Allah's religion and gets benefit (from the knowledge) which Allah has revealed through me (the Prophets and learns and then teaches others. The last example is that of a person who does not care for it and does not take Allah's guidance revealed through me (He is like that barren land.)"
That’s all how Prophet Muhammad said. So which land we will gonna be?

Diriwayatkan dari Abu Musa Al Asy’ari RA, Rasulullah SAW bersabda, “Hidayah dan ilmu yang dikaruniakan ALLAH SWT melalui perantaraku bagaikan hujan deras. Tatkala hujan itu jatuh ke tanh, sebagian tanah menerima air lalu menumbuhkan padang rumput dan tumbuhan yang banyak. Adapun sebagian tanah yang lain menjadi kering dengan menampung air (di atasnya) dan Allah SWT memberikan manfaat kepada masyarakat dengan air tersebut. Dengan air itu, mereka minum, memberikan ke hewan peliharaannya, dan menanam tanaman. Hujan ini juga mengenai jenis tanah lain yang datar dan licin. Tanah tersebut tidak menampung air diatasnya dan juga tidak menumbuhkan rerumputan.
Begitulah orang yang telah memahami agama Allah SWT dan mengambil manfaat dari hidayah dan ilmu yang dikirim oleh Allah melalui perantaraku, serta memperlajarinya dan mengajarkannya kepada orang lain dengan orang yang ketika mendengarnya, tidak mengangkat kepalanya karena kesombongannya dengan orang yang tidak menerima hidayah yang dikirim oleh ALLAH SWT melalui perantaraku.”

Kita akan menjadi tanah yang seperti apa?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar