Jumat, 10 Juli 2020

Kembalinya Hagia Sophia Menjadi Masjid


. هذا من فضل ربي

I impressed by this building. Saya mengagumi bangunan ini. Dulu, waktu SD saya bercita-cita untuk datang kesana menyaksikan peninggalan sejarah yang sangat melegenda bagi umat islam, sejarah penaklukan Konstantinopel.

Bangunan yang disebut dengan Aya Sofya atau Hagia Sophia ini dulu adalah bangunan kebanggaan bangsa Romawi Timur.  Pada zamannya, bangunan ini termasuk bangunan yang super luxury, dan kemegahannya masih diakui sampai sekarang.

Saat 2019 saya kesana, bangunan itu disebut Aya Sofya III karena sudah 3x berevolusi. Dari Gereja, Masjid lalu Museum...

Kemarin kemarin saya selalu mendapat kabar bahwa Aya Sofya akan kembali menjadi masjid. Saya menunggu kabar bahagia itu. Sayangnya saat itu masih banyak hoax beterbangan di kalangan netizen.

Mengapa saya menyebutkan bahwa kembalinya Aya Sofya menjadi masjid adalah hal yang menggembirakan? Karena saat ia berdiri dg status sebagai museum, justru malah membuat umat islam sedih  mengingat dulu Kekhalifahan Utsmaniyah pernah ditumbangkan oleh rezim sekuler Atatürk (1924), Aya Sofya lah salah satu korban dari sekulerisasi Turki saat itu.

Tadi malam, Jumat 10 Juli 2020 Aya Sofya benar-benar kembali kepada evolusinya yang ke 2, yakni menjadi masjid kembali. Otomatis orang-orang bisa free without fee untuk masuk kesana. Tentunya bisa bebas kembali beribadah di tempat itu, tidak akan ada polisi yang menegur lagi (kayak di film 99 Cahaya Di Langit Eropa gitu deh)... :D

Aya sofya...
Mengingatkan pada perjuanganku dengan kawan kawan. Saat kami melirik gambar Aya Sofya yang menjadi simbol perjuangan, saat itu juga kami kembali ke masa lalu, masa penaklukan by Al-Fatih. Saat itu juga kita berpikir, dia adalah kaum muda yang bisa menaklukan Konstantinopel. Maka kita adalah kaum muda yang bisa menaklukan cita-cita kita sendiri...

Saya yakin ini adalah doa umat muslim yang merindukan syariat. Seakan Turki mengatakan pada dunia bahwa islam dulu pernah berjaya dan akan berjaya lagi seperti dulu ia pernah berjaya.

Selamat datang kembali Aya Sofya Camii...

Titip salam rinduku pada peradaban...

Aya Sofya, Sen bana neler neler hatırlattın. Sana nasıl yetișeceğimi bi bilseniz de beni tekrar çağırırsın senin yanına...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar