Kamis, 02 Juli 2020

Kontribusi Wanita Untuk Dunia


Asswrwb.
Mengetahui bahwa pada zaman ini jumlah wanita lebih mendominasi daripada pria, dikhawatirkan pria pun didominasi dengan sifat emosionalnya wanita. Wanita merupakan makhluk Allah yang banyak diantara mereka menjadi penghuni neraka. Kita sbeagai wanita tentu tidak ingin hal itu terjadi. Kita harus manjadikan wanita sebaik baik perhiasan dunia, bukan sebagai sumbu api neraka.

Peran wanita dalam berbagai posisi tentunya sangat penting. Baik bagi dirinya, keluarga, maupun masyarakat. Kita telah mengadakan diskusi dalam grup tahsin dan murojaah di group whatsapp dengan sekitar 93 peserta.
Menurut akhawat sekalian, kontribusi apa yang paling minimal yang bisa diusahakan oleh setiap wanita dari kalangan manapun?

Kita ambil pendapat dari Ukhti Nurvadila dari Bandung contohnya :
Menurut saya, di era kecanggihan teknologi, seorang muslimah dituntut untuk tegas terhadapt diri sendiri dan lingkungannya. Begitu banyak tantangan yang dihadapi muslimah seiring dengan perkembangan zaman. Banyak penyimpangan pergaulan yang tidak terkendali. Siapakah yang harus kita salahkan? Jawabannya tidak ada yang harus disalahkan, yang harus kita lakukan adalah menguatkan iman dengan ilmu yang sesuai dengan syariat Allah untuk menghindari ancaman di era milenial. Musliamh masa kini harus memiliki komitmen yang kuat terhadap syarit Allah. Sehingga apapun yang dilakukan para muslimah tidak menyimpang dari aturan sebenarnya.

Di era milenial ini, kita khususnya para kmuslimah harus bersungguh sungguhh membangun karakter yang baik secara lahir maupun batin. Menyiapkan ilmu spiritual dalam era milenial. Kita bukan lagi perang melawan musuh dengan kekerasan fisik. Tapi melawan pemikiran yang tidak sesuai dengan norma kehidupan dan menyimpang dari syariat islam baik yang tersirat maupun tersurat. Kita sebagai muslimah harus cerdas begaimana menata kehidupan di era milenial ini agar selamat di dunia dan akhirat nanti. Perempuan harus memiliki wawasan luas dan bermental tangguh. Peran wanita kini tidak ada bedanya dengan lelaki, hanya saja dibatasi oleh kodrat.
Muslimah harus berwawasan karena dirinya akan menjadi tombak dalam pendidikan keluarga bagi anak-anaknya.


Karena banyak sekali yang berpendapat, kami sughkan pendapat para akhawat dengan bentuk rangkuman ya .

Oke. kontribusi yang minimal kita lakukan adalah menjaga diri kita sebaik mungkin dengan memperbaiki hubungan dengan Allah dan seluruh ciptaanNya, berusaha menjadi pribadi yang selalu ingin tahu khususnya dalam hal keagamaan, lalu memiliki prinsip “tiada hari tanpa quran” karena mereka yang menjaga kebiasaan dengan alquran, maka alquran pun akan menjaga kita dari segala perbuatan yang tidak baik. Lalu membiasakan diri untuk hadir di majlis ilmu. karena dengan ilmu, wanita akan baik akhlaqnya dan bisa melahirkan generasi harapan. Kemudian dengan menutup aurat secara syar’i, menjaga iffah dan izzah kita sebagai perempuan. Hal itu dapat membuat pria menundukkan pandangannya dan membuat diri kita terhindar dari fitnah. selain itu, ada langkah lain yang bisa dilakukan yaitu dengan menyampaikan ilmu atau hikmah yang kita dapatkan. Karena hal seperti ini jika memang dianggap kecil, bisa jadi itu adalah hal yang agung bagi si penerima. Yang terakhir, yuk kita biasakan mengakhiri hari ataupun mengakhiri setiap aktivitas kita dengan bermuhasabah, cek lagi niatnya. Tadi aku ngelakuin ini untuk apa?

Dan berhubung kita ada di akhir zaman, Kita bisa melihat sedikit demi sedikit sunnah mulai ditinggalkan. Maka beruntunglah bagi dia yang mempertahankan untuk terus melakukan sunnah Rasulullah sampai pada masa sekarang.
Apabila ada yang berkilah bahwa kini sulit untuk mengikuti Al-Quran dan As-Sunnah karena banyak tantangan dan godaan. maka tingkat kesulitan itupun dihargai oleh Allah, sebagaimana diri­wayatkan dalam hadits:Abu Hurairah berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda:
Man tamassaka bisunnatii ‘inda fasaadi ummatii falahu ajru miata syahiid.”
Barangsiapa yang berpegang teguh dengan sunnahku di kala kerusa­kan umatku, maka baginya ganjaran 100 syahid dalam perang jihad. (HR At-Thabrani dan Al-Baihaqi).

Nah kita sekarang para muslimah sedang berusaha melakukan misi yang tadi telah dijelaskan. Ada yang dengan mengajar, ada yang memulai dengan mengajak warga kampungnya untuk mengaji, ada juga yang memulai dengan memperkenalkan islam dengan cara yang paling indah sehingga menepis pemikiran-pemikiran orang lain yang beranggapan bahwa islam itu extreme dan menakutkan.

Yang kita harapkan adalah kita bisa menerapkan ilmu pengetahuan maupun ilmu keagamaan dengan membuat perubahan yang lebih baik. Karena peran kita sesebagai muslimah sangat menentukan keadaan dunia. Jika bagus wanitanya, gegenerasinya pun akan semakin baik. Begitupun sebaliknya.
Kami harap tulisan kami kali ini bisa menjadi kontribusi kecil dari kami untuk memperbaiki dunia pada masa kini. semoga Allah memudahkan kita dalam meniti di jalanNya yang benar. Aamin YRA


jangan lupa untuk memberikan tamsil islam terbaik dengan memperbaiki niat dan amal amal kita ,lalu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. :)

Kami selalu welcome bagi yang ingin memberikan saran kontribusi yang lain :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar